Kab.Bandung,Postraja.com.- Water Leiding Bedriff, demikian asal nama Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) Tirta Raharja yang didirikan tahun 1926. Pada awalnya untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi komunitas Belanda yang berada di Wilayah Cimahi dan Lembang.

Kiprah PDAM Tirta Raharja begitu panjang, dari tahun 1926 namun secara de jure untuk beberapa tahun belum menetapkan hari jadi. Kemudian pada perkembangannya, berdasarkan Peraturan Daerah (PERDA) Kabupaten Bandung Nomor XVII tahun 1997 dan disyahkan  dengan Keputusan Gubernur Tingkat I Jawa Barat No.510/HK/011/SK/77 tertanggal 31 Maret 1977, perusahan ini kemudian ditetapkan menjadi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Bandung Nomor 5 Tahun 2005 tentang PDAM Tirta Raharja Kabupaten Bandung, perubahan terakhir dengan berlakunya Peraturan Daerah Nomor 10 Tahun 2014 tentang PDAM Tirta Raharja Kabupaten Bandung.

Berdasarkan fakta sejarah tersebut maka tanggal 31 Maret 1977 ditetapkan sebagai Hari Jadi PDAM Tirta Raharja Kabupaten Bandung oleh Bupati Bandung untuk pertama kalinya dicetuskan di Gedung Budaya Sabilulungan pada tanggal 31 Maret 2016 dengan disaksikan oleh para Stakeholder tertakit.Maksud dan tujuan peringatan hari jadi PDAM Tirta Raharja Kabupaten Bandung di antaranya; napak tilas suatu momentum bersejarah yang akan selalu diperingati sebagai momen hari jadi PDAM Tirta Raharja Kabupaten Bandung dan mengembangkan citra perusahaan menjadi perusahaan yang profesional, maju dan berdaya saing, serta menumbuh kembangkan rasa memiliki terhadap perusahaan untuk seluruh stakeholder yang terlibat langsung dalam proses operasional perusahaan.

Jumlah pelanggan PDAM Tirta Raharja terus mengalami progres setiap tahunnya, mulai dari awal berdiri pada tahun 1977 yang hanya memiliki 10.000 pelanggan, hingga sampai bulan Februari 2019 mencapai 97.844 unit sambungan rumah. Tidak mudah untuk mengejar cita-cita karena diperlukan daya upaya yang sangat kuat yang terintegrasi berbagai aspek, seperti ketersediaan sumber air baku, biaya investasi yang tidak kecil serta daya beli masyarakat.Sampai saat ini, PDAM tidak lepas dari dukungan pemerintah daerah dan pemerintah pusat dalam menjalankan roda perusahaan. Sehingga dalam perjalanannya, PDAM Tirta Raharja menjadi satu-satunya BUMD milik Kabupaten Bandung yang mempunyai tugas memberikan pelayanan air bersih untuk masyarakat Kabupaten Bandung.

Wilayah Pelayanan PDAM Tirta Raharja meliputi 3 Wilayah Administratif yaitu Kabupaten Bandung, Kota Cimahi, dan Kabupaten Bandung Barat, jumlah sambungan langganan sebanyak 97.844 SRSesuai dengan visi misi PDAM Tirta Raharja dan dalam rangka percepatan cakupan pelayanan sampai dengan tahun 2019 diharapkan jumlah pelanggan mencapai angka lebih dari 100.000 sambungan rumah, artinya PDAM Tirta Raharja akan berubah statusnya seiring dengan pertambahan sambungan rumah dari Tipe D ke Tipe E (PDAM dengan Jumlah Pelanggan di atas 100.000 SR) sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 8 Tahun 2000 tentang Pedoman Akuntansi Perusahaan Daerah Air Minum.

Pada peringatan hari jadi PDAM Tirta Raharja Kabupaten Bandung ke- 42 yang dilangsungkan di Kantor Pusat PDAM Tirta Raharja Jl. Kolonel Masturi Km. 3 Cimahi, Maret 2019 lalu, diisi dengan berbagai kegiatan, di antaranya;donor darah bersama PMI Kab. Bandung, santunan terhadap anak yatim, sunatan masal, lomba merangkai sambungan rumah dengan peserta yang dilibatkan dari setiap unit pelayanan, serta menanam pohon.

Dirut PDAM Tirta Raharja, Rudie Kusmayadi, menyebut, kegiatan ini pun sekaligus dalam rangkaian peringatan Hari Air Sedunia.Ia menambahkan, PDAM berkomitmen memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat.

“Kami selalu ingin memberikan kepuasan kepada pelanggan untuk mendapatkan air bersih berkualitas tinggi,” tandasnya.

Rudie pun menyampaikan terima kasih kepada masyarakat dan pemerintah yang telah memberikan dukungan sehingga PDAM semakin kuat dan besar.Di momen Hari Jadi PDAM Tirta Raharja yang ke-42 pihaknya akan terus berupaya memenuhi kebutuhan warga akan air yang bersih dan berlualitas.

Di momen Hari Jadi Kabupaten Bandung yang ke-378, pihaknya menyampaikan selamat dan berharap Kabupaten Bandung makin maju.***

 

Popular Posts

 

Headlines

Newsletter

    

« September 2019 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
            1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30