BPBD Cimahi Gelar Sosialisasi Undang-Undang Nomor 24 tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana

  27 April 2019

BPBD Cimahi Gelar Sosialisasi
Undang-Undang Nomor 24 tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana

Kota Cimahi, Postraja.com
Ancaman bahaya potensi gempa dari Sesar Lembang membuat daerah sekitar termasuk Kota Cimahi meningkatkan kewaspadaan. Semua lapisan masyarakat diminta mengenali tanda-tanda bencana alam, tidak panik dan menyiapkan diri menghadapi bencana.

Potensi kegempaan Sesar Lembang berada pada patahan kerak bumi dengan panjang sekitar 29 kilometer di sepanjang kawasan Bandung Raya-meliputi Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kota Bandung, dan Kota Cimahi.

Walikota Cimahi Ajay M. Priatna menyatakan, secara prinsip pihaknya terus meningkatkan kewaspadaan. "Sesar Lembang bentangannya panjang, termasuk Kota Cimahi. Potensi gempanya besar, makanya kita harus waspada dan tingkatkan sosialisasi kepada semua pihak sehingga tidak menimbulkan kepanikan berlebihan," ujarnya.

Menjadi kewajiban bagi pemerintah untuk melindungi dan menjamin warganya mendapatkan rasa aman termasuk dari ancaman bencana sesuai dengan Undang-Undang Nomor 24 tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana.

Kesiapsiagaan dilakukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cimahi terutama dengan mengintensifkan sosialisasi dan edukasi tentang kesiapsiagaan menghadapi gempa bumi kepada masyarakat di sekitar kawasan Sesar Lembang.

"Hal ini untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapan masyarakat serta langkah-langkah dalam upaya evakuasi mandiri dapat dipahami dalam menghadapi bencana," imbuhnya.

Kepala BPBD Kota Cimahi Nanang didampingi Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Cimahi Rezza Rivalsyah Harahap mengatakan, sesuai tupoksi pihaknya berupaya melakukan mitigasi bencana dengan meningkatkan kewaspadaan masyarakat akan bahaya bencana. "Tugas kami mengedukasi kesiapsiagaan bencana kepada masyarakat sebelum, saat, dan setelah gempa bumi," katanya.

Edukasi soal waspada kebencanaan sudah dilakukan dengan menyasar sekolah-sekolah di Kota Cimahi. "Semakin dini masyarakat paham cara mengevakuasi diri ketika terjadi bencana, maka semakin kecil potensi korban jiwa yang bisa timbul pascakejadian bencana," jelasnya.

Masyarakat Kota Cimahi diminta untuk mewaspadai potensi gempa Sesar Lembang. Namun, tetap harus mengacu kepada informasi resmi yang dikeluarkan pemerintah mengenai potensi bencana alam pada sesar lembang tersebut.

"Pastikan informasinya dari sumber yang valid apabila menerima informasi tentang gempa sesar lembang," tandasnya. @rdd

Super User

Pellentesque eget dapibus felis. Nam rutrum eget nulla et semper. Nunc commodo lacus a placerat consectetur.

Leave a comment

Popular Posts

 

Headlines

Newsletter

    

« October 2019 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
  1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30 31